10 Cara Merawat Komputer dan Laptop dengan Baik

Cara Merawat Komputer dan Laptop dengan Baik - Sebagai perangkat elektronik, komputer dan laptop tentu semakin hari akan semakin mengalami penurunan kualitas sampai akhirnya rusak. Mungkin ada beberapa komponen komputer dan laptop yang berlabel garansi seumur hidup, namun tentu saja itu bukan jaminan sobat. Semua komponen elektronik pasti akan mengalami kerusakan bila digunakan terus menerus tanpa perawatan yang baik atau tidak digunakan sama sekali tanpa disimpan di tempat yang sesuai. Memang komponen yang terbuat dari logam ini ada yang mempunyai umur panjang dan mungkin hingga ratusan tahun.

Cara Merawat Komputer dan Laptop dengan Baik


Cara Merawat Komputer dan Laptop Dengan Baik


Bagi pengguna komputer dan laptop tentu ingin komputer dan laptop yang anda miliki awet dan berumur panjang. Meskipun banyak jasa servis komputer yang dapat memperbaiki komputer yang rusak, namun alangkah baiknya kita melakukan perawatan komputer agar tidak cepat rusak. Paling tidak kita dapat menghemat biaya servis :)

1. Letakan Komputer di Tempat Yang Baik


Meletakan komputer di tempat yang baik tentu akan membuat kita nyaman dalam menggunakannya dan komputer akan terhindar dari kerusakan karena tempat yang tidak sesuai.

#Letakan komputer pada meja komputer dengan ventilasi ruang yang cukup. Dengan demikian pertukaran  udara akan terjaga dengan baik dan suhu komputer dapat terjaga dengan baik.

#Bila tidak terdapat meja komputer, letakan komputer pada tempat yang kering dan terhindar dari lalu-lintas air. Hal ini untuk menjaga akan masuknya air kedalam komputer yang dapat mengakibatkan korsleting.

#Letakan komputer pada tempat yang mempunyai keseimbangan yang stabil. Artinya, komputer tidak mudah goyang atau berpindah-pindah alias bergeser. Hal ini untuk menghindari kerusakan pada hardware komputer akibat pergeseran letak komputer atau benturan benda lain disekitar komputer.

#Sebisa mungkin jangan meletakan komputer di tempat yang tinggi untuk menghindari bahaya komputer jatuh ke tanah. Bila harus meletakan komputer di tempat yang tinggi, gunakan rangka dan pengamanan yang baik.

#Jangan terlalu sering memindahkan komputer dari satu tempat ke tempat yang lain. Bila komputer memerlukan jasa servis, gunakan penyedia servis komputer yang bisa datang ke tempat anda sehingga komputer tidak perlu dibawa ke tempat servis kecuali bila komputer mengalami kerusakan yang berat dan perlu menginap di tempat servis.

#Jauhkan komputer dari akses binatang yang dapat merusak komputer.

#Untuk Laptop, gunakan tas laptop yang baik saat membawa laptop dan jangan menaruh laptop pada tempat yang basah atau pada tempat yang tidak stabil keseimbangannya untuk mengurangi resiko jatuh.

#Jangan menggunakan laptop di tempat yang tidak melepaskan panas misalnya : kasur. Menggunakan laptop di atas kasur hanya akan membuat laptop menjadi cepat panas karena sifat materi kasur ( spon, busa atau kapas ) yang menyerap panas.

2. Pendinginan Yang Baik


Komputer yang terus digunakan akan mengalami panas pada komponen-komponennya. Pendingin yang biasanya digunakan pada komputer dan laptop adalah kipas pendingin dan logam pendingin (heatsink). Thermal Cooler dengan bentuk gel atau pasta juga digunakan untuk mengurangi panas pada prosesor dan komponen komputer dan laptop.

#Gunakan kipas pendingin dengan kualitas yang baik. Saat membeli kipas pendingin untuk komputer atau laptop, minta kipas pendingin dengan kualitas terbaik kepada penjual toko. Meskipun harganya lebih mahal, namun kualitasnya tentu sebanding dengan harganya.

#Biasanya untuk pendingin misalnya: kipas , jarang mengalami kerusakan kecuali bila komputer memang sudah berumur. Bila komputer atau laptop cepat panas  tidak seperti biasanya dan terkadang restart sendiri, kemungkinan kipas komputer mengalami kerusakan, namun bisa juga motherboardnya yang rusak.

#Ventilasi atau sirkulasi udara yang baik akan memudahkan kerja dari pendingin komputer dan laptop. Namun, tidak dibenarkan untuk membuka cashing komputer atau laptop untuk memudahkan sirkulasi udara.

cara kerja pendingin :

Udara yang panas akan bergerak menuju udara yang dingin. Udara yang hilang tersebut akan digantikan oleh udara lain dengan suhu ruang. Udara dalam cashing akan bergerak ke luar cashing dan udara di luar cashing (suhu ruang) akan menggantikan udara dalam cashing yang hilang.

Jadi udara dingin dari luar komputer akan menggantikan udara panas di dalam komputer sehingga percampuran udara berberda suhu tersebut akan menghasilkan suhu rata-rata yang tentu saja lebih rendah dari suhu komputer yang panas.

3. Bersihkan Komputer Secara Berkala


Segala sesuatu memang membutuhkan kebersihan, termasuk komputer dan laptop. Komponen komputer yang kotor dapat menghambat lajunya arus listrik dan dapat menyebabkan komponen tersebut mengalamai korsleting dan akhirnya rusak. Nah, bagi yang jarang mandi tentu sering mengalami rasa malas, bosen dan jenuh. Itu karena kotoran yang menempel pada kulit tubuh menghambat sirkulasi udara yang masuk melalui pori-pori kulit, hmmm memang begitu ya?

#Bersihkan komputer sedikitnya sekali dalam enam bulan. Dalam membersihkan kotoran di dalam komputer, gunakan alat pembersih yang halus dan ringan seperti : tisu dan kuas. Bisa menggunaka cairan pembersih namun jangan terlalu berlebihan. Jangan sampai malahan komputer menjadi rusak karena kita ceroboh saat membersihkan komputer.

#Bongkar komputer dan laptop, bila belum tahu cara membongkarnya silahkan cari paduan cara membongkar komputer dan laptop atau minta bantuan teman. Lepaskan Hardisk, RAM, CD/DVD RW, Kipas dan Prosesor. Bersihkan dan ganti pasta yang ada di Heatsink Prosesor.

4. Gunakan Tegangan Listrik Yang Stabil


Ketidakstabilan tegangan dan arus litrik dapat menyebabkan komponen komputer dan laptop cepat mengalami kerusakan akibat beban kejut yang dialaminya. Kita dapat menggunakan perangkat tambahan berupa UPS (Unit Power Sistem) atau Stabiliser tegangan. Beli yang berkualitas baik, jangan beli yang murahan atau barang palsu nanti malahan bisa merusak komputer.

5. Aktifkan Screensaver (Untuk Monitor CRT)


Tujuan adanya Screensaver pada awalnya adalah untuk mencegah kerusakan pada monitor CRT yang menggunakan fosfor dalam menampilkan gambar. Ketika monitor menampilkan gambar yang tetap untuk beberapa saat, maka ada fosfor yang menyala terus menerus. Hal ini dapat membuat monitor CRT tersebut bermasalah yaitu gambar menjadi redup atau buram.

#Untuk monitor LCD dan LED, kita tidak harus mengaktifkan Screensaver, karena LCD dan LED tidak menggunakan fosfor sebagai penampil gambar melainkan menggunakan Kristal (LCD) dan Dioda (LED) serta dilengkapi dengan energy saving.

6. Rutin Melakukan Defrag Hardisk


Untuk mencegah kerusakan pada Hardisk komputer dan laptop. Sering-seringlah melakukan Defrag pada Hardisk atau setidaknya setiap bulan sekali.

#Defrag Hardisk adalah menata kembali urutan file-file pada Hardisk yang mengalami perubahan untuk memudahkan dalam proses read/write dan beban komputer menjadi ringan serta hardisk menjadi lebih awet.

7. Gunakan Program Komputer Dengan Bijak


Aplikasi atau program komputer merupakan perangkat software yang digunakan dalam mengoperasikan komputer. Apakah Software dapat merusak Hardware? jawabannya adalah ya, tentu bisa.

#Buang semua aplikasi yang tidak digunakan karena hanya akan membebani komputer dan dapat merusaka memori dan vga komputer.

#Gunakan aplikasi yang tidak melebihi batas kemampuan hardware komputer dan jangan memaksakan aplikasi tersebut untuk di pasang di komputer karena hanya akan membebani komputer dan dapat merusak memori dan vga komputer. Aplikasi tersebut juga tidak berjalan dengan sempurna karena ukurannya yang memang berat.

#Gunakan Anti Virus bila memang diperlukan, misalnya: untuk sistem operasi Windows yang memang terkenal banyak sekali virusnya. Menggunakan sistem operasi Linux bisa menjadi pilihan yang baik dalam soal virus, karena Linux lebih sulit untuk dimasuki virus ataupun spyware.

#Gunakan aplikasi komputer yang ringan dan original.

8. Pasang Kabel Ground di Komputer


Seringkali saat kita memegang casing komputer terasa efek setrum pada tangan kita. Hal ini tentu bukan sesuatu yang nyaman dalam menggunakan komputer. Arus listrik yang tidak tentu tersebut dapat membuat komponen komputer lebih cepat rusak dan kita jadi sering kaget saat memegang casing komputer.

#Gunakan kabel ground untuk menghilangkan arus tersebut. Ambil kabel dengan ukuran sedang dan panjang seerlunya saja. Ujung satu disambungkan pada badan komputer atau casing dan ujung lainnya di sambungkan ke ground atau tanah.

9. Tidak Menekan Layar Laptop Terlalu Kuat


Layar Laptop merupakan komponen yang cukup rentan terhadap kerusakan terutama karena perlakukan kita terhadap laptop tersebut. Bentuknya yang tipis dan berupa flip dengan engsel di ujungnya, membuat kita harus hati-hati saat memegang, membuka dan menutup layar laptop tersebut.

#Buka Layar laptop secara hati-hati, bila terasa berat mungkin engsel mengalami kerusakan atau seret. Bila engsel menggunakan logam, kita bisa memberikan sedikit cairan pelumas misalnya : oli.

#Tidak menekan laptop secara kuat saat membawa laptop dengan tangan. Hal ini dapat membuat layar laptop (LCD/LED) menjadi rusak dan pecah.

10.Gunakan Setelan Standard Pabrik Komponen Komputer dan Laptop


Bagi yang hoby meng utak-atik komputer, tentu tidak akan puas dengan performa komputernya. Setiap saat selalu ingin mencoba dan mencari ha lain yang berhubungan dengan komputer. Banyak sekali kegiatan merombak komponen komputer yang keluar dari standard aslinya. Bukannya komputer makin baik, malahan komponen tersebut jadi cepat rusak.

#Tidak overclock komponen komputer secara sembarangan misalnya : Prosesor dan Memori. Lebih baik kita gunakan yang sesuai setelan aslinya saja ya :)

#Upgrade lah komponen komputer sesuai seperti aslinya, misalnya : RAM dan Prosesor. Untuk upgrade RAM, lihat tipe yang digunakan. Sedangkan untuk upgrade prosesor, lihat slot prosesor yang digunakan. Bila masih satu tipe, kita dapat mengupgrade komponen tersebut.

Penutup


Dengan merawat komputer dengan baik, komputer akan menjadi awet dan kita nyaman dalam menggunakannya. Perawatan komputer tidaklah terlalu mahal, kita hanya perlu dispilin dan rajin dalam merawat komponen-komponennya. Alat yang digunakan untuk merawat komputer dan laptop pun banyak tersedia di toko-toko komputer dengan harga yang terjangkau.

1 komentar so far

Makasih infonya
https://cody.id/produk/blower/



CODY***GARANSI SELAMANYA***
== HARGA DIJAMIN LEBIH MURAH ==
=== JASA SERVICE YG PASTI LEBIH CEPAT ===


EmoticonEmoticon