Memilih Laptop sesuai kebutuhan

Keberadaan Laptop di era ekarang ini sudah menjadi kebutuhan bagi para pelajar, mahasiswa, karyawan perusahaan maupun khalayak umum dan para profesional lainnya. Beragam jenis laptop pun bermunculan dari berbagai merk maupun model dan aksesoris yang disertakan didalamnya. Para produsen laptop dunia bersaing untuk memasarkan laptop buatannya di berbagai negara tak terkecuali Indonesia. Bila kita cermati, diberbagai kota di Indonesia sudah banyak tersebar toko penjual perangkat komputer dan laptop, bahkan agen resmi dari berbagai produsen pun tidak ketinggalan membuka cabangnya terutama di kota-kota besar.

Memilih Laptop sesuai kebutuhan

Sebagai seorang pengguna laptop tentu saja hal ini memudahkan kita dalam membeli jenis laptop sesuai dengan apa yang kita inginkan. Dengan pengetahuan yang cukup tentang komputer, maka tidak sulit untuk memilih laptop sesuai selera dan kebutuhan kita tentu saja disesuaikan dengan budget keuangan yang kita punya.
Berikut beberapa hal yang perlu dicermati saat membeli laptop :
  1. Keuangan
    Saat membeli laptop, kita harus melihat berapa nilai uang yang kita gunakan untuk membeli laptop. Bila hal ini tidak kita perhitungkan maka, sesuaikan dengan kebutuhan kita dalam penggunaan laptop misalnya : Bila kita hanya menggunakan laptop untuk internet dan pekerjaan perkantoran (office), kita tidak perlu membeli laptop dengan sepsifikasi yang tinggi sehingga tidak membebani keuangan kita.
  2. Kebutuhan
    Mungkin kita akan bertanya untuk apa membeli laptop? Dengan pertanyaan tersebut maka, kebutuhan merupakan jawaban yang paling sesuai. Di era modern sekarang ini laptop sudah menjadi kebutuhan bagi manusia terutama mereka yang menggeluti dunia komputer. Disarankan dalam membeli laptop sesuaikan dengan tingkat kebutuhan kita akan laptop tersebut.
    Misalnya:
    Kebutuhan ringan : Penggunaan laptop untuk internet, office, media player (tidak memerlukan nilai resolusi grafis yang tinggi).
    Kebutuhan sedang : Penggunaan untuk editing video, grafik (gambar), foto (memerlukan kecepatan dan nilai resolusi grafis yang cukup besar).
    Kebutuhan khusus : Untuk mereka yang suka game dan design , gunakanlah laptop dengan nilai resolusi kartu grafis yang tinggi begitu pula kecepatan prosesor dan RAM memorinya.
Dengan mengetahui tingkat kebutuhan kita akan laptop, diharapkan saat membeli laptop dapat menghemat keuangan kita. Dalam hal ini kita tidak perlu membeli laptop dengan spesifikasi yang tinggi kalau hanya sekedar untuk mengerjakan pekerjaan perkantoran saja.
  1. Ukuran
    Saat membeli laptop, kita perlu untuk melihat dimensi laptop untuk memudahkan kita saat membawa ke sekolah maupun ke tempat kerja. Bila kita merupakan orang dengan mobilitas yang tinggi maka, pilihlah laptop dengan ukuran yang slim (tipis) dengan dimensi layar yang tidak terlalu besar (11-14 inch).
  2. Ketahanan baterai
    Laptop dengan ketahanan baterai yang tinggi sangat cocok digunakan bagi mereka yang sering berada di luar ruangan. Gunakanlah seting yang rendah memakan daya baterai, sehingga laptop akan dapat bertahan lama sebelum di charge kembali.
  3. Sistem Operasi
    Sebenarnya untuk sistem operasi bisa menyesuaikan, dimana kita bisa menginstal sistem operasi sendiri sesuai yang kita inginkan. Meskipun saat kita membeli laptop sudah tertanam sistem operasinya, kita masih bisa untuk menginstal OS lainnya di laptop tersebut. Namun ada baiknya bila kita menggunakan sistem operasi bawaan laptop karena, biasanya para produsen sudah memilihkan OS yang sesuia dengan produk laptopnya untuk kinerja yang maksimal. Bila kita ingin menginstal OS sendiri misalnya : Linux, maka saat membeli laptop carilah yang none OS biasanya harganya lebih murah.
Bila mengalami kesulitan saat instalasi Software, bisa minta bantuan si penjual Laptop atau cari panduan di internet. Selamat membeli laptop semoga artikel ini bermanfaat.

Terima kasih


EmoticonEmoticon