Cara Mengganti Hardisk Laptop Dengan Mudah dan Aman

Cara Mengganti Hardisk Laptop Dengan Mudah dan Aman - Hardisk merupakan media penyimpanan data digital pada Komputer dan Laptop. Salah satu komponen penting yang ada pada Laptop ini memang jarang mengalami kerusakan bila kita menggunakannya dengan baik.

Kerusakan pada Hardisk Laptop sebenarnya bisa diperbaiki, namun dengan catatan kerusakan tersebut tidak terlalu parah, bukan kerusakan fisik ( pecah, hancur dll...) atau terbakar. Sebagian orang akan lebih kehilangan data yang ada pada Hardisk ketimbang Hardisk itu sendiri.



Cara Mengganti Hardisk Laptop Dengan Mudah dan Aman


Tidak selamanya komponen laptop dalam kondisi baik. Pada suatu waktu, pasti akan mengalami kerusakan dan perlu diganti dengan komponen yang baru, termasuk Hardisk Laptop.

Lalu bagaimana cara mengganti Hardisk Laptop dengan baik dan aman? mengganti Hardisk Laptop itu mudah atau sulit? 

Jangan khawatir sobat, meskipun Hardisk Laptop anda mengalami kerusakan, Laptop tetap bisa digunakan dengan menggunakan media eksternal. Namun, sebaiknya kita membeli Hardisk internal Laptop baru untuk menggantikannya.

1. Pastikan Hardisk Laptop Benar-Benar Rusak


Jangan cepat mengambil keputusan bahwa Hardisk mengalami kerusakan. Mungkin saja sistem operasi (software) komputer nya yang rusak. Kita harus cermat dalam hal ini sebelum mengganti Hardiks Laptop dengan yang baru.

#Bila anda tidak dalam situasi terburu-buru, lakukan pengamatan terhadap Hardisk Laptop yang kemungkinan mengalami kerusakan. Namun, bila anda membutuhkan kondisi Laptop yang baik saat itu juga, mengganti part Laptop (Hardisk) akan menjadi solusi terbaik.

#Hal-hal yang berkaitan dengan kerusakan Hardisk Laptop

  • Laptop tidak bisa booting (Masuk ke dalam Hardisk Laptop). Kemungkinan sistem operasi komputer nya yang rusak / error.
  • Hardisk tidak bisa di format. Lakukan perbaikan dengan aplikasi peformat Hardisk, silahkan cari di internet :) . Bila tetap tidak bisa di format, kemungkinan Hardisk memang mengalami kerusakan.
  • Tidak bisa di install ulang dan Hardisk tidak dapat di format saat install ulang. Bila anda menggunakan Windows, kemungkinan sistem operasi komputernya yang rusak. Coba anda install sistem operasi lainnya misalnya : Linux Mint/Ubuntu (kemungkinan besar berhasil). Bila ternyata tidak berhasil kemungkinan Hardisk Laptop anda memang sudah rusak.
  • Hardisk tidak terdeteksi oleh komputer. Kemungkinan Hardisk memang rusak atau coba memakai sistem operasi selain Windows misalnya : Linux atau MAC OS X.
Setelah mengetahui Hardisk mengalami kerusakan, sebaiknya kita menggantinya dengan Hardisk yang baru.

2. Membeli Hardisk


Sebelum membeli Hardisk baru, pastikan jenis Hardisk yang akan kita beli. Jangan sampai salah dalam membeli Hardisk ya sobat, nanti tidak bisa di pasang pada Laptop :)

#Pastikan soket/konektor Hardisk SATA atau  ATA. Kita lepaskan Hardisk dari Laptop lalu lihat jenis Hardisk tersebut, biasanya terdapat tulisan SATA/ATA di badan Hardisk.

#Membongkar Hardisk Laptop tidak terlalu sulit sobat, kita cukup mencari tempat Hardisk di dalam Laptop, buka semua baut yang mengunci Hardisk, lepaskan Hardisk dari rumah/tempat Hardisk dan konektornya.

#Soket/konektor SATA lebih ramping dan pin tidak berbentuk jari-jari, sedangkan soket ATA berbentuk jari-jari .

#Hardisk Laptop biasanya memiliki ukuran 2,5 inchi. Berbeda dengan Hardisk PC Komputer yang memiliki ukuran 3,5 inchi.

#Pastikan kapasitas Hardisk yang akan kita beli misalnya : 320 GB, 500 GB atau 1 TB (Tera Byte ).  Kalau Laptop yang anda mempunyai spesifikasi Hardware yang cukup lumayan, lebih baik membeli Hardisk dengan ukuran yang besar sekalian ( misalnya 1 TB ) dan harganya hanya selisih sedikit dengan Hardisk ukuran di bawahnya ( 500 GB ).

#Setelah semuanya siap, saatnya menuju toko penjual Hardisk Laptop. Jangan lupa bawa uangnya ya :) pembelian Hardisk Laptop mungkin tidak bisa di kredit sobat, tapi tergantung tokonya juga, mungkin di tempat anda ada yang jual part komputer yang bisa di beli dengan kredit. Lumayan kan, bisa beli part komputer saat tidak punya cukup uang :)

#Setelah masuk ke toko part komputer, langsung tanyakan saja pada pelayan toko mengenai Hardisk yang akan kita beli. Biasanya mereka dengan ramah akan memberikan apa yang kita minta tersebut. Bayar di kasir dan selesai, sampai dirumah kita tinggal pasang Hardisk pada Laptop.

#Jangan lupa menanyakan garansi Hardisk yang baru kita beli pada pelayan toko. Karena belum tentu semua Hardisk baru dalam kondisi baik. Bila ternyata kita mendapati Hardisk dalam kondisi rusak, kita dapat mengembalikan Hardisk tersebut untuk ditukar dengan yang baru.

3. Memasang Hardiks Laptop


Saat melepaskan Hardiks dari Laptop, kita melepaskan Hardisk dari rumah/tempat Hardisk tersebut. Setiap seri dan model Laptop biasanya memiliki rumah Hardisk yang berbeda-beda.

#Buka Hardisk yang baru kita beli lalu pasang ke dalam rumah/tempat Hardisk. Biasanya baut yang digunakan berukuran kecil sobat, jadi sebaiknya kita menggunakan obeng yang tepat untuk ukuran baut tersebut supaya baut tidak mudah rusak dan kita tidak mengalami kesulitan yang berarti saat melepas dan memasang baut tersebut.

#Pasang Hardisk pada konektor/soket nya lalu pasang tutup/cover Hardisk pada Laptop tersebut.

4. Cek Hardisk


Karena Hardisk yang kita beli dalam kondisi kosong, kita dapat mengecek kondisi Hardisk dengan menggunakan sistem operasi yang dapat berjalan tanpa harus install ke Hardisk misalnya : Linux.

#Setelah booting melalui Flashdisk atau CD/DVD Linux, kita dapat melihat kapasitas Hardisk dan membuat partisi Hardisk melalui media tersebut.

#Bila anda menggunakan Windows, langsung install saja sistem operasi Windows di Laptop. Setelah selesai kita dapat melihat kapasitas Hardisk dan membuat partisi Hardisk melalui sistem Windows .

5. Lain-Lain


#Jangan terlalu sering memindahkan Hardisk Laptop karena bila tidak hati-hati, komponen dalam Hardisk Laptop akan sering mengalami guncangan (apalagi kalau jatuh) yang dapat merusak Hardisk.

#Hardisk Laptop juga dapat dijadikan Hardisk eksternal. Namun, kita perlu membeli casing Hardisk eksternal dengan harga yang cukup terjangkau.

#Bila anda menggunakan Hardisk dengan baik, komponen ini dapat bertahan hingga puluhan tahun bahkan mungkin ratusan tahun. Mungkin kita sering membeli Flashdisk dengan garansi lifetime (seumur hidup) kurang lebihnya seperti itulah komponen komputer yang satu ini.

Penutup


Hardisk merupakan salah satu komponen penting pada Laptop dan Komputer. Kerusakan pada Hardisk akan membawa dampak yang signifikan pada Laptop yang kita punya. Karena Laptop tidak dapat digunakan dengan maksimal tanpa adanya media penyimpanan tersebut. Mengganti Hardisk Laptop merupakan solusi yang tepat di saat kita membutuhkan Hardisk dengan ukuran yang lebih besar atau Hardisk mengalami kerusakan permanen. Semoga artikel ini dapat membantu anda yang ingin mengganti Hardisk Laptop. Sekian dan Terima Kasih.

3 komentar

artikel ga nyambung.ini bukan cara ganti.

Apa ini......!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!gak nyambung


EmoticonEmoticon